Import Wordpress ke Blogger

Mungkin banyak pengguna CMS Wordpress merasa aman-aman n baik-baik saja dengan content blognya, akan tetapi jika diteliti lebih bijak lagi mungkin Anda lebih memilih untuk memindahnya ke Blogger. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain :


  1. Bandwidth dan space
    karena dimiliki oleh mbah Google, sepertinya saya tidak perlu khawatir untuk masalah bandwidth dan space Blogger
  2. Harga
    Seperti kebanyakan fitur google, kita tahu Blogger juga gratis tis tis
  3. Akses
    Dengan kemampuan server Google, pastinya Blogger bisa diakses dengan nyaman tanpa harus khawatir down
  4. Sinkronisasi dengan fitur google yang lain
    Dengan berpindah ke Blogger, sinkronisasi blog dengan berbagai produk google yang saya gunakan sepertinya akan lebih mudah.

Perpindahan ke Blogger ini menggunakan metode export import file xml. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, proses export-import tersebut akhirnya dilakukan dengan cara yang pernah saya coba...

Dengan menambahkan template gratisan yang saya modikasi sedikit, jreng.. jreng.. akhirnya jadilah FieWeb.id seperti yang sekarang ini. Yach meskipun masih banyak yang harus diperbaiki dari hasil perpindahan ini. Beberapa kerugian memang juga saya rasakan, salah satunya adalah permalink Blogger yang berbeda dengan FieWeb.id yang sebelumnya (yang masih menggunakan Wordpress) membuat beberapa halaman yang sudah terindeks dengan baik di mbah Google menjadi hilang.

Pindah Wordpress ke Blogger
Mungkin Anda sering melakukan impor xml Wordpress ke Blogger tapi tetep saja terjadi Error. Tepatnya error terjadi saat proses impor file xml hasil generate dari Wordpress ke Bloggernya (kode error bX-dxdfg7). Parahnya lagi, saat dicari di halaman help Blogger, banyak yang mengalami hal serupa dan tidak ada solusi langsung dari Google sebagai pemilik blogger.

Akhirnya setelah Googling berdua kesana kemari, ditemukanlah sebuah website yang beralamat di http://wordpress2blogger.appspot.com/. Website ini menyediakan tool untuk melakukan konversi alias penyesuaian file xml Wordpress agar diterima dengan baik di platform Blogger.

Jadi dengan kata lain sebelum file xml hasil expor dari Wordpress dimasukkan blogger, terlebih dahulu kami melakukan konversi melalui website ini. Konversi akan menghasilkan file xml baru, nah file xml baru inilah yang kemudian diimport ke Blogger.

Bagi anda yang mengalami hal serupa, trik ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah error tadi. Hanya saja memang cara ini belum 100% sukses, percobaan yang kami lakukan pada file xml berukuran besar ternyata masih menghasilkan error. Ditambah jika berhasil, ada beberapa kekurangan yang dapat dilihat diantaranya tampilan yang tidak sempurna. Tapi paling tidak dengan menggunakan cara ini akan jauh lebih baik daripada harus copy paste satu persatu konten anda, hehehe. piisss....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design