Materi Final Adobe Photoshop Kelas XII


Edit-edit.... mengedit lagi... buat karya grafis gampang-gampang susah. Banyak tutorial di internet yang menyediakan tata cara edit-editan pakai Adobe Photoshop. Cuma sekali lagi yang mahal adalah idenya. IdE bise bernilai jutaan-bahkan ratusan juta. Kata Pak Guru Sobi sih untuk belajar edit-mengedit menggunakan Adobe Photoshop itu mudah. Asal ada niat, minat, giat dan bakat. Yach... siapa tau bisa dijadikan bahan acuan ntar mau kuliah dimana ne siswa-siswa kelas XII SMAN 4 Jember.

Ini adalah materi terkhir Adobe Photoshop sebelum pelaksanaan ujian Praktikum Sekolah akhir bulan depan. Materi Brush... materi yang asik n disukai oleh siswa karena tinggal pilih dan pasang selesai. Tapi sekali lagi gak asal pilih n tempel, idenya harus pas dulu mau pakai brush yang mana. Ngomong-ngomong,.. apa sih yang dimaksud Brush pada Adobe Photoshop? Brush sendiri dimaksudkan untuk membuat manipulasi gambar seolah-olah seperti sapuan kuas lukis berdasarkan pengaturan siap pakai maupun pengaturan yang kita gunakan sendiri.

Nah,.. jika kita ingin menggunakan efek-efek brush maka kita harus menambahkan template-template brush yang terpisah dengan brush bawaan dari Adobe Photoshop. Caranya bisa download di internet banyak. Di sini saya hanya menyediakan beberapa yang diminati siswa saya pembelajaran langsung. (bisa di download di akhir artikel ini).

Sebagai penutup dari materi Adobe Photoshop ada siswa yang mau memberi beberapa kata buat materi Adobe Photoshop: kata Si Arum Seto kelas XII IPA 3 "Belajar Photoshop itu berguna banget. Apalagi buat anak-anak yang hobi dan suka dengan dunia fotografer, selain itu dengan mengerti cara-cara menggunakan Adobe Photoshop, kita bisa mengubah foto biasa menjadi luar biasa. Gag lepas juga dari feel pemilihan warna sama tool yang dipakek juga." Harapan dari Si Pendekar karate ini "Pak Sobi bikin ekskul desain grafis Biar anak-anak yang pengen melanjutkan ke desain grafis punya bekal sebelum mererka kuliah... hweheheh...".

Emang Si Arum ne doyan banget ngedit semenjak dapet pelajaran Adobe Photoshop di skul. Jika ada kesempatan waktu istirahat pasti mampir lab TI and ada ajja yang di edit sambil konsultasi tentunya sama Pak Sandy sang Asslab. Nah selain si Arum, Solider temen sekelasnya juga kasih cuap-cuap, kata dia "Pembelajarannya terlalu lama (gak kebalik ta?.admin) & menurut aku dari pembelajaran ini kita hanya mendapatkan sedikit ilmu tentang Adobe Photoshop". Harapan Solider "Kita mampu memahami lebih banyak tentang Adobe Photoshop dari pembelajaran TIK di Sekolah".

Harapan Pak guru, semoga ilmu yang sudah saya ajarkan selama ini apapun itu bisa bermanfaat buat siswa-siswi untuk menentukan masa depannya. Jika ada Salahnya itu pasti dari Pak guru sendiri, tapi jika ada benarnya itu hanya semata-mata karena Allah Swt. Suksess n thanks udah jadi siswa yang baik di laboratorim komputer SMA Negeri 4 Jember.

1 komentar:

Aqwu Arvitha Art mengatakan...

ikutan dong lo` ada eskul desain grafis..,, mau...`
hehehehe
n_n

Poskan Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design